Saya terlambat menyadari bahwa ketegasan merupakan salah satu prinsip rohani yang luar biasa. Ketegasan merupakan salah satu ekspresi kasih yang sangat penting, terutama untuk jangka panjang. Masa depan kita tidak akan gilang-gemilang tanpa adanya ketegasan.

Kita sering menyamakan bertindak tegas dengan bertindak kasar. Tegas dan kasar merupakan 2 hal yang berbeda. Akibat terlambat bersikap tegas, saya menuai banyak masalah. Namun lebih baik terlambat daripada tidak pernah memulai.

Hari ini saya memutuskan untuk bersikap tegas terhadap sebuah permasalahan. sebuah masalah yang telah berlarut-larut sejak akhir tahun lalu. Ketegasan merupakan bagian yang penting dari percepatan. Perlambatan biasanya datang karena kita tidak tegas. Tegas terhadap diri sendiri dan tegas terhadap orang lain.

Sikap tegas harus dibarengi dengan sikap menghargai orang lain. Jika kita bersikap tegas sekaligus menghargai orang lain, maka orang akan "rspect' dengan sikap kita.

Seorang pemimpin harus belajar untuk bersikap tegas sebelum menyesal. Sikap tegas akan mendatangkan kemajuan dalam hidup kita. Mari belajar!