Tidak banyak yang orang ketahui tentang kehidupan pribadi seorang "pemimpin rohani." Perasaannya sebagai seorang banyak dituntut, serta pergumulan batinnya terhadap kehidupan pribadinya. Setiap pemimpin memiliki pengharapan (hope). Pengharapan terhadap orang-orang yang ia pimpin. Pemimpin adalah orang yang rentan dengan kekecewaan. Bukan hanya pemimpin... melainkan semua orang yang punya pengharapan.

Kekecewaan terjadi ketika harapan kita tidak terwujud. Harapan terhadap orang-orang yang kita pimpin.

Tahun 2011 ini, menjadi tahun yang cukup sulit dalam penggembalaan. Saya mendapat diri saya kecewa. Kecewa terhadap orang-orang yang saya pimpin. Saya kecewa karena saya memiliki pengharapan yang besar terhadap mereka. Saya mengenal mereka cukup lama. Saya menemukan potensi mereka. Saya mengagumi & bangga dengan mereka.

Namun tahun ini terasa berbeda...

Ada banyak hal yang sepertinya mengalihkan fokus mereka. Prioritas yang salah menjadi jebakan yang menghambat kerohanian mereka. Perubahan-perubahan yang terjadi seperti disalahartikan. Mereka seperti sedang mengejar "sesuatu" yang cukup masuk akal untuk dibilang "penting."

Berbagai alasan yang saya dengar hanya menambahkan kesedihan. Alasan-alasan yang dirohanikan hanya akan membuat proses pembentukan Tuhan memakan waktu lebih panjang.

Dalam suatu kesempatan Roh Kudus meletakkan pesan: STAND UP! Berdiri bagi anak-anak rohanimu! Berdiri bagi kotamu! Berdiri bagi bangsamu!

Tuhan hendak memanggil bangkit mereka yang tidur & mati. Ia sedang memanggil keluar mereka yang sedang terintimidasi & sembunyi di dalam gua. Ini waktunya berdiri & melakukan peperangan rohani. Mengenakan selengkap senjata Allah, supaya kita dapat melakukan perlawanan terhadap Kerajaan Kegelapan.

Pesan "peperangan rohani" (spiritual warfare) terus Roh Kudus gaungkan di hati saya. Pengurapan apostolic prophetic Tuhan berikan. Buku Moving In Apostolic yang ditulis John Eckhardt berada di tangan saya di waktu yang tepat. Dalam bukunya ia menulis: "Pioneers have a breakthrough anointing. The word "breakthrough" is defined as an act or instance of breaking through an obstruction; an offensive thrust that penetrates and carries beyond a devensive line in warfare... Apostles and apostolic people will be a people of warfare, wheter they use the term or not.

This is the time to STAND UP! Take a position for spiritual warfare! Stand up for my community, my spiritual children, my city & my nation... just one word from God: STAND UP!